Minggu, 05 Juni 2011

Deteksi penyakit Ginjal dari warna pipis

Ini salah satu alasan kenapa pipis kita warnanya kuning :

         Warna air kencing yang normal adalah kuning cerah, warna ini disebabkan oleh karena zat yang bernama
Bilirubin, apabila kencing berwarna kuning tua seperti air teh, harus dicurigai adanya gangguan pada metabolisme bilirubin tadi. Keadaan ini disebut sebagai Jaundice / Ikterus yaitu keadaan dimana kadar bilirubin didalam darah meningkat melebihi kadar normal. Kondisi ini ditandai dengan warna kulit yang menguning, putih mata (Sclera) menguning, dan kencing berwarna coklat tadi. Bisa juga kencing berwarna seperti teh padahal minum air putih banyak, biasanya keadaan ini terjadi akibat mengonsumsi zat karoten berlebihan (zat ini paling banyak terkandung dalam buah tomat dan wortel), kulit juga bisa menguning tetapi untuk membedakannya dengan ikterus bisa dengan melihat putih matanya (sclera), karena putih matanya tetap putih. Warna kuning agak tua bisa juga diakibatkan meminum vitamin B kompleks, tetapi kuningnya agak terang dan muda dibandingkan ikterus.

        pada orang sehat dan normal, warna air kencing (air seni) bervariasi mulai dari kuning pekat seperti teh sampai warna jernih….
hal ini disebabkan karena konsumsi air putih… semakin banyak konsumsi air putih maka warna air seni akan semakin jernih…
dan sebenarnya salah 1 tanda apakah kita sudah cukup minum air putih atau belum adalah dengan melihat air seni kita.
kalau air seni kita jernih berarti jumlah air yang kita minum sudah cukup, tetapi kalau warnanya kuning maka air yang kita konsumsi sangat sedikit…



      Mungkin sangat nikmat minum air es setelah makan, namun air es akan membekukan lemak yang baru saja kita konsumsi. Dengan membekunya lemak akan memperlambat pencernaan.
       Ketika lemak yang membeku ini bereaksi dengan asam, lemak akan dipecah dan diserap intestine lebih cepat dibanding makanan pada. Dengan cepat akan berubah menjadi lemak dan dapat menimbulkan kanker. Sangat disarankan untuk menkonsumsi sop panas atau air hangat setelah makan.
     Makanya minum air es saat makan itu sebenernya kurang bae.. mungkin air yg gunanya melarutkan racun jadi mengendapkan racun :serem air yang kita keluarkan pada saat makan bisa membantu mengurangi daya kerja ginjal pada waktu malam hari, tapi bukan berarti ga boleh minum es, boleh tapi jangan pada saat makan berat!

Trus hubungannya ama ginjal apa sih? Niih…

Batu ginjal dijumpai pada 1 dari 1.000 orang, biasanya lebih banyak dijumpai pada pria (berumur 30-50 tahun) ketimbang wanita. Juga banyak dijumpai di daerah tertentu.
Walaupun secara pasti tidak diketahui penyebab batu ginjal, kemungkinannya adalah bila urine menjadi terlalu pekat dan zat-zat yang ada di dalam urine membentuk kristal batu. Penyebab lain adalah infeksi, adanya obstruksi, kelebihan sekresi hormon paratiroid, asidosis pada tubulus ginjal, peningkatan kadar asam urat (biasanya bersamaan dengan radang persendian), kerusakan metabolisme dari beberapa jenis bahan di dalam tubuh, terlalu banyak mempergunakan vitamin D atau terlalu banyak memakan kalsium. Biasanya klo mau mengetahui pipis kita bermasalah apa nggak dilihat dari urine pagi, krn selama kita tidur katanya tubuh menetralisirkan tubuh dari segala bentuk racun yang dikeluarkan melalui urin, makanya kenapa klo pagi pipis kita warnanya kuning.

sumber: kaskus lounge

Tidak ada komentar:

Posting Komentar